SATUAN
KEGIATAN HARIAN
Kelompok : TK A Tema : Binatang
Semester : II Sub
Tema : Binatang di sekitar dan
binatang peliharaan
Minggu/Hari Ke : 4/1
Alokasi Waktu : 08.00 – 11.00
Pembukaan : - Salam pagi hari : Menyambut kedatangan setiap anak didik
dengan kasih sayang.
- Ikrar
dan berdo’a : Anak bersama guru/boleh
dipimpin oleh salah satu anak yang besedia.
-
Jurnal pagi : Menanyakan situasi dan kondisi anak pada pagi ini,
membicarakan kegiatan kemarin dan kegiatan yang dilakukan hari ini.
Kegiatan Inti :
Aspek Perkembangan Dan Indikator
|
Strategi Pengembangan
|
Pengalaman Belajar Dan Urutan
Kegiatan
|
Asesmen Perkembangan
|
Hasil
|
||
MATERI
|
METODE
|
MEDIA
|
||||
Melakukan gerakan meloncat, melompat,
dan berlari secara terkoordinasi. (II.A.3)
|
Bermain lompat tatak
|
Praktek langsung
Indoor
|
Papan lompat tatak
Kartu gambar binatang
|
v Guru
mengumulkan anak di dalam kelas dan duduk membentuk setengah lingkaran.
v Guru
memperlihatkan kargu bergambar binatang.
v Guru
mengajak anak menebak gambar binatang apa yang ada di kartu.
v Guru
menyediakan papan lompat tatak yang sudah bernomor dan bergambar.
v Guru
menjelaskan cara bermain ada anak.
v Anak
diminta mengambil nomor di dalam kotak.
v Anak
melompat ke papan lompat tatak bergambar dengan satu kaki dari start menuju nomor
yang di dapatnya.
v Setelah
samai di nomor yang dituju anak diminta menyebutkan gambar apa yang ada di
pijaknya.
v Guru
mengajak anak beristirahat sebentar sebelum melakukan kegiatan berikutnya.
|
Lisan
Perbuatan
|
Lampiran
1
|
Mengenal suara hewan disekitar. (IV.C.2)
Meniru huruf (IV.C.4)
|
Mengenal suara hewan dan menuliskan
namanya
|
Praktek langsung
Bercakap-cakap
indoor
|
Kartu gambar binatang bernama ukuran
besar
Kertas HVS
Pensil
|
v Guru
mengajak anak duduk rapi di dalam kelas.
v Guru
memperlihatkan gambar binatang yang bernama dan menirukan suaranya.
v Anak
di minta juga menirukan suara binatang sesuai dengan kartu gambar tadi.
v Guru
menempel kartu gambar di papan tulis.
v Guru
membagikan kertas bergambar binatang yang sudah di beri nama.
v Anak
di minta menulis nama binatang itu kembali yang ada di kertas gambar dan
mewarnai gambarnya.
v Setelah
selesai, anak diminta menyabutkan nama binatang yang ditulisnya dan menirukan
suaranya.
|
Lisan
Perbuatan
Portofolio
|
Lampiran
2
|
Menggunakan benda-benda di sekitar
sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil). (III.A.2)
|
Bermain peran dengan tema berkunjung
ke kebun binatang
|
Praktek langsung
Indoor
|
Benda- benda di dalam ruang kelas
|
v Guru
mengumpulkan anak di tengah kelas.
v Guru
membagi anak menjadi beberapa kelompok dengan setiap kelomok terdiri dari 5
orang.
v Guru
mengajak anak bermain paran sesuai dengan tema “berkunjung ke kebun binatang’
yang telah dipilih bersama.
v Anak
di perbolehkan menggunakan berbagai peralatan yang ada di kelas sebagai alat
dalam bermain perannya, dan mengalih fungsikan setiap alat (seperti: sapu
menjadi mobil, kursi menjdi kuda, dll)
|
Perbuatan
Lisan
|
Lampiran 3
|
Penutup : -Jurnal
siang : Guru mereview kegiatan yang telah
dilakukan, umpan balik dan informasi tentang kegiatan esok hari sebagai motivasi bagi
anak.
- Do’a
pulang dan salam perpisahan