I WILL FOREVER SUPPORT SS501

Jumat, 07 Juni 2013

contoh SKH (SATUAN KEGIATAN HARIAN)


SATUAN KEGIATAN HARIAN

Kelompok                   : TK A                                                                                     Tema               : Binatang
Semester                      : II                                                                                           Sub Tema        : Binatang di sekitar dan binatang peliharaan
Minggu/Hari Ke          : 4/1                                                                                                    
Alokasi Waktu            : 08.00 – 11.00

Pembukaan                  : - Salam pagi hari       : Menyambut kedatangan setiap anak didik dengan kasih sayang.
-   Ikrar dan berdo’a    : Anak bersama guru/boleh dipimpin oleh salah satu anak yang besedia.
-   Jurnal pagi               : Menanyakan situasi dan kondisi anak pada pagi ini, membicarakan kegiatan kemarin dan kegiatan yang dilakukan hari ini.
Kegiatan Inti               :
Aspek Perkembangan Dan Indikator
Strategi Pengembangan
Pengalaman Belajar Dan Urutan Kegiatan
Asesmen Perkembangan
Hasil
MATERI
METODE
MEDIA

Melakukan gerakan meloncat, melompat, dan berlari secara terkoordinasi. (II.A.3)
Bermain lompat tatak
Praktek langsung

Indoor
Papan lompat tatak

Kartu gambar binatang
v  Guru mengumulkan anak di dalam kelas dan duduk membentuk setengah lingkaran.
v  Guru memperlihatkan kargu bergambar binatang.
v  Guru mengajak anak menebak gambar binatang apa yang ada di kartu.
v  Guru menyediakan papan lompat tatak yang sudah bernomor dan bergambar.
v  Guru menjelaskan cara bermain ada anak.
v  Anak diminta mengambil nomor di dalam kotak.
v  Anak melompat ke papan lompat tatak bergambar dengan satu kaki dari start menuju nomor yang di dapatnya.
v  Setelah samai di nomor yang dituju anak diminta menyebutkan gambar apa yang ada di pijaknya.
v  Guru mengajak anak beristirahat sebentar sebelum melakukan kegiatan berikutnya.
Lisan

Perbuatan

Lampiran 1
Mengenal suara hewan disekitar. (IV.C.2)

Meniru huruf (IV.C.4)
Mengenal suara hewan dan menuliskan namanya

Praktek langsung

Bercakap-cakap

indoor
Kartu gambar binatang bernama ukuran besar

Kertas HVS

Pensil
v  Guru mengajak anak duduk rapi di dalam kelas.
v  Guru memperlihatkan gambar binatang yang bernama dan menirukan suaranya.
v  Anak di minta juga menirukan suara binatang sesuai dengan kartu gambar tadi.
v  Guru menempel kartu gambar di papan tulis.
v  Guru membagikan kertas bergambar binatang yang sudah di beri nama.
v  Anak di minta menulis nama binatang itu kembali yang ada di kertas gambar dan mewarnai gambarnya.
v  Setelah selesai, anak diminta menyabutkan nama binatang yang ditulisnya dan menirukan suaranya.
Lisan

Perbuatan

Portofolio
Lampiran 2
Menggunakan benda-benda di sekitar sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil). (III.A.2)
Bermain peran dengan tema berkunjung ke kebun binatang
Praktek langsung

Indoor
Benda- benda di dalam ruang kelas
v  Guru mengumpulkan anak di tengah kelas.
v  Guru membagi anak menjadi beberapa kelompok dengan setiap kelomok terdiri dari 5 orang.
v  Guru mengajak anak bermain paran sesuai dengan tema “berkunjung ke kebun binatang’ yang telah dipilih bersama.
v  Anak di perbolehkan menggunakan berbagai peralatan yang ada di kelas sebagai alat dalam bermain perannya, dan mengalih fungsikan setiap alat (seperti: sapu menjadi mobil, kursi menjdi kuda, dll)
Perbuatan

Lisan
Lampiran 3

Penutup                                   : -Jurnal siang  : Guru mereview kegiatan yang telah dilakukan, umpan balik dan informasi tentang  kegiatan esok hari sebagai motivasi bagi anak.
-    Do’a pulang dan salam perpisahan