I WILL FOREVER SUPPORT SS501

Selasa, 25 Desember 2012

PERBEDAAN KURIKULUM PAUD DARI MASA KE MASA



Saya mencoba menganalisis perbedaan dari setiap kurikulum yang di gunakan di PAUD, ini adalah sebagian dari hasil analisis saya :


1964
·         Landasan Pengembangan
1.      Rencana Pendidikan  sepenuhnya dipengaruhi oleh Kurikulum Sekolah Dasar tahun 1964 dan merupakan dokumen yang ditujukan kepada para petugas, kepala dan guru Sekolah Dasar dan TK.
2.      Yang ditekankan dalam Rencana Pendidikan tahun1964 ini ialah “ anak didik yang harus berkembang secara harmonis menjadi manusia Pancasila yang bertanggungjawab atas terapainya tiga kerangka tujuan Revolusi Nasional.

·         Maksud dan Tujuan
1.      Mendidik dan membentuk kebiasaan sesuai dengan sifat-sifat manusia sosialis Indonesia.
2.      Fungsi Penyelenggaraan pendidikan di Taman kanak-kanak adalah sebagai alat untuk menyusun masyarakat Sosial Indonesia di mana setiap anak dapat mengembangkan bakatnya agar hasilnya dapat disumbangkan kembali untuk kebahagiaan masyarakat.

·         Program kegiatan
Kurikulum dengan system Pancawardhana berupa 5 asek perkembangan yaitu : (1) perkembangan moral, (2) perkembangan kecerdasan (3) perkembangan emosional (4) perkembangan kerigelan tangan (5) perkembangan jasmani. 


·         Bentuk pengelompokkan anak
Menurut kurikulum 1964 dibagi menurut umur, yaitu:
1.      Kelas TK bagi anak yang berumur kurang dari 5 tahun.
2.      Kelas persiapan bagi anak yang lebih dari 5 tahun .

·         Perencanaan kegiatan
Untuk Kurikulum 1964 perencanaan tersebut disebut “perencanaan permainan    sehari-hari”.

1968
·         Landasan Pengambangan
Pelaksanaan pendidikan dalam arti luas yang mencakup (1) silabus, (2) contoh pelaksanaan, (3) Organisasi Taman kanak-kanak: intern dan ekstern, (4) perlengkapan, (5) guru/pegawai, (6) administrasi, dan (7) Evaluasi

·         Maksud dan tujuan
Kurikulum 1968 penekanannya lebih kepada perkembangan individu anak.

·         Program kegiatan
Dibagi dalam 8 bidang yaitu:
         Bidang Penerapan pancasila
         Bidang bermain/kegiatan bebas
         Bidang pendidiikan bahasa
         Bidang pendidikan alam sekitar
         Bidang pendidikan jasmani
         Bidang ungkapan kreatif/seni
         Bidang sosial medis
         Bidang pendidikan skolastik

·         Bentuk pengelompokkan anak
Tingkatan TK terdiri dari 3 tingkatan berdasarkan umur yaitu:
         Tingkat A: utuk umur 3 sampai 4 tahun
         Tingkat B: untuk umur 4 sampai 5 tahun
         Tingkat C: untuk umur 5 sampai 6 tahun

1976
·         Landasan pengembangan
Kurikulum 1976 ada penyesuaian format dan isi kurikulum dengan sekolah lebih lanjut.

·         Maksud dan tujuan
1.      Tujuan pada kurikulum 1976 mencakup Tujuan Instruksional Taman Kanak-kanak yang merupakan tujuan lembaga. Setiap lembaga pendidikan mempunyai tujuan masing-masing, yang merupakan penunjang terhadap pencapaian tujuan Pendidikan Nasional.
2.      Tujuan umum pendidikan Taman Kanak-kanak telah di tetapkan pada yang pasal 4 SK Mendikbud No . 054/U/1977 adalah ‘’…….agar anak setelah menyelesaikan pendidikannya:
         Memiliki sifat-sifat dasar sebagai pribadi yang bertanggung jawab menjadi warga negara yang baik
         Sehat dan sejahtera jasmani dan rohani
         Memiliki bekal pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap dasar yang diperlukan untuk bergaul dan berkomunikasi dilingkungan masyarakat, secara fisik, emosional, intelektual dan sosial memasuki jenjang pendidikan Sekolah Dasar serta dapat mengembangkan kepribadiannya dengan prinsip pendidikan seumur hidup.

·         Program kegiatan
Program kurikulum 1976 terdiri dari 8 bidang pengembangan yaitu:
         Bidang pengembangan Pendidikan Moral Pancasila
         Bidang pengembangan kegiatan/ bermain bebas
         Bidang pengembangan Pendidikan Bahasa
         Bidang pengembangan Pengenalan Lingkungan Hidup
         Bidang pengembangan Ungkapan Kreatif
         Bidang pengembangan Olahraga Pendidikan
         Bidang pengembangan Pendidikan dan Pemeliharaan Kesehatan
         Bidang pengembangan Pendidikan Scholastik

·         Bentuk pengelompokkan anak
Pengelompokkan yang diatur dalam Kurikulum 1976 adalah
         Tingkat A untuk anak usia 3-4 tahun
         Tingkat B untuk anak usia 4-5 tahun
         Tingkat C untuk anak usia 5-6 tahun

·         Sistem Penyajian
Menggunakan unit dan pusat minat.


1984
·         Ada beberapa hal yang dianggap baru pada Kurikulum 1984 adalah:
1.      Adanya aturan yang menyatakan bahwa pengembangan kehidupan beragama harus melandasi semua bidang pengembangan.
2.      Tidak ada bidang pengembagan bermain bebas karena kegiatan bermain diterapkan sebagai wahana dalam setiap kegiatan yang dilakukan di TK.
3.      Pelaksanaan evaluasi dilakukan secara berkesinambungan, menyeluruh, obyektif, dan sistematik untuk keperluan peningkatan hasil proses dan hasil pengembangan, pengelolaan program serta proses dan hasil pengembangan.

·         Maksud dan Tujuan
Tujuan Pendidikan Taman Kanak-kanak mengacu kepada tujuan pendidikan nasional yang digariskan dalam GBHN 1983

·         Bidang pengembangan
         Pendidikan Moral Pancasila
         Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa
         Kemampuan berbahasa
         Perasaan, kemasyarakatan, dan kesadaran lingkungan
         Pengetahuan
         Jasmani dan kesehatan

·         Bentuk kelompok anak
         Tingkat A untuk anak didik umur 3-4 tahun
         Tingkat B untuk anak didik umur 4-5 tahun
         Tingkat C untuk anak didik umur 5-6 tahun
         TK 1 tahun untuk anak yang tinggal di pedesa

1994
·         Latar belakang
Memiliki Kegiatan Belajar TK yang merupakan perbaikan dari kurikulum TK 1976. PKB TK tersebut disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dengan keseusiaiannya dengan lingkungan, kebutuhan, pembangunan nasional,perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesenian. PKB TK ini ditetapkan dengan Keputusan Menterai Pendidikan dan Kebudayaan No. 0125/U/1994 tanggal 16 Mei 1994.
·         Tujuan
Program kegiatan belajar TK bertujuan membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya.

·         Isi program kegiatan
1.      PKB TK didasarkan pada tugas perkembangan anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
2.      Kurikulum ini lebih banyak ditekankan pada pandangan-pandangan psikologis khususnya aliran konstruktivis. Bermain menjadi penekanan dalam setiap kegiatan pembelajaran

·         Sistem Penyajian
1.      Menggunakan tema dan sub tema.
2.      Terdiri atas dua kegiatan utama yaitu program kegiatan belajar dalam rangka pembentukan perilaku melalui pembiasaan yang meliputi pengembangan moral Pancasila, agama, disiplin, perasaan/emosi dan kemampuan bermasyarakat dan program kegiatan belajar dalam rangka pengembangan kemampuan dasar yang meliputi pengembangan kemmapuan berbahasa, daya pikir, daya cipta, ketrampilan dan jasmani.

·         Bidang pengembangan
Bidang-bidang pengembangannya antara lain :
         Moral Pancasila
         Agama
         Disiplin
         Kemampuan Berbahasa
         Daya Pikir
         Daya cipta
         Perasaan/emosi
         Kemampuan bermasyarakat
         Keterampilan
         Jasmani

·         Penyelenggaraan
1.      Pelaksanaan kegiatan untuk program pembentukan perilaku dapat dilaksanakan dengan kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan teladan atau contoh, dan kegiatan yang dilakukan dengan perencanaan guru.
2.      Menggunakan tema dan sub tema yang merupakan pokok bahasan yang akan di bahas.

2004
·         Landasan pengembangan
Dalam Kurikulum tahun 2004, anak didik dikondisikan dalam sistem  semester.
·         Maksud dan tujuan
1.      Tujuan Pendidikan anak usia TK seperti yang diamantkan oleh Kurikuum 2004 adalah diarahkan untuk membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan nila-nilai agama, social emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik, kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar.
2.      Untuk pelaksanaan di Taman Kanak-kanak dilengkapi perangkat pedoman pengembangan silabus, pedoman pengembangan pembelajaran, pedoman penilaian, dan secara bertahap akan disusun perangkat pedoman lainnya.
·         Program kegiatan
Kurikulum 2004 Taman Kanak-kanak terdiri atas Kerangka Dasar, dan standar Kompetensi Taman Kanak-kanak. Untuk pelaksanaan di Taman Kanak-kanak dilengkapi perangkat pedoman pengembangan silabus, pedoman pengembangan pembelajaran, pedoman penilaian, dan secara bertahap akan disusun perangkat pedoman lainnya.


KTSP
·         Latar belakang
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

·         Tujuan
Sesuai dengan standar nasional PAUD, maka tujuan yang hendak dicapai merupakan tingkat pencapaian perkembangan yang dijabarkan dari aspek perkembangan
·         Standar
Standar PAUD tersebut dikelompokan jadi 4 standar yaitu:
• Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan
• Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
• Standar isi, proses, dan penilsian, dan
• Sandar sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan


KELEBIHAN KURIKULUM
1964   
·         Kurikulum ini lebih menekan ka nada moral anak, sehingga bias membentuk generasi penerus bangsa yang bermoral tinggi.
1968   
·         Pada kurikulum ini memberi kesempatan pada anak untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan jasmani dan rohani serta mengembangkan potensi anak secara optimal sebagai individu yang khas.
·         Kurikulum ini juga lebih lengka dari kurikulum sebelumnya dan memiliki egangan pelaksanaan kegiatan berupa silabus.
1976   
·          
1984   
·         Memprioritaskan atau mengutamakan pengembangan pribadi anak dalam kurikulumnya.
1994   
·         Sudah terbentuknya tema dan sub tema, dan tema ini biasa di mulai dari lingkungan terdekat anak, misalnya “aku”  sehinngga anak bias mengenal tentang dirinya. Tema juga bisa sesuai dengan keadaan bulan, seperti bulan November sedang musim hujan sehingga guru bisa menjadikan hujan sebagai tema.
·         Telalu banak tema, yaitu 20 sehingg susah untuk melaksanakannya dan memaksimalkan semua tema yang ada.
2004   
·         Sudah terbentuknya model pelajaran dengan kelompok dengan kegiatan pengaman, kelompok dengan sudut-sudut kegiatan, dan pembelajaran berdasarkan minat.
·         Memiliki Kurikulum dengan pengembangan indikatornya sehingga mempermudah guru membuat SKM dan SKH.
KTSP
·         Tingkat pencapaian perkembangan anak untuk setiap lingkupnya dibagi berdasarkan usianya.
·         Rencana pelaksanaan kegiatannya lebih tersusun dan sistematis.






3 komentar:

  1. Thank You Miss Randini. This article very helping me... ;D

    BalasHapus
  2. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/inilah-dua-gunung-yang-dapat.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/santai-sambil-selfie-di-guest-house.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/inilah-rumus-matematika-untuk-mesin.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - Skype : Vip_Domino
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    BalasHapus