Saya mencoba menganalisis perbedaan dari setiap kurikulum yang di gunakan di PAUD, ini adalah sebagian dari hasil analisis saya :
1964
·
Landasan Pengembangan
1. Rencana
Pendidikan sepenuhnya dipengaruhi oleh
Kurikulum Sekolah Dasar tahun 1964 dan merupakan dokumen yang ditujukan kepada
para petugas, kepala dan guru Sekolah Dasar dan TK.
2. Yang
ditekankan dalam Rencana Pendidikan tahun1964 ini ialah “ anak didik yang harus
berkembang secara harmonis menjadi manusia Pancasila yang bertanggungjawab atas
terapainya tiga kerangka tujuan Revolusi Nasional.
·
Maksud dan Tujuan
1.
Mendidik dan membentuk kebiasaan sesuai dengan
sifat-sifat manusia sosialis Indonesia.
2.
Fungsi Penyelenggaraan pendidikan di Taman
kanak-kanak adalah sebagai alat untuk menyusun masyarakat Sosial Indonesia di
mana setiap anak dapat mengembangkan bakatnya agar hasilnya dapat disumbangkan
kembali untuk kebahagiaan masyarakat.
·
Program kegiatan
Kurikulum
dengan system Pancawardhana berupa 5 asek perkembangan yaitu : (1) perkembangan
moral, (2) perkembangan kecerdasan (3) perkembangan emosional (4) perkembangan
kerigelan tangan (5) perkembangan jasmani.
·
Bentuk pengelompokkan anak
Menurut kurikulum 1964
dibagi menurut umur, yaitu:
1. Kelas
TK bagi anak yang berumur kurang dari 5 tahun.
2. Kelas
persiapan bagi anak yang lebih dari 5 tahun .
·
Perencanaan kegiatan
Untuk Kurikulum 1964
perencanaan tersebut disebut “perencanaan permainan sehari-hari”.
1968
·
Landasan Pengambangan
Pelaksanaan pendidikan
dalam arti luas yang mencakup (1) silabus, (2) contoh pelaksanaan, (3)
Organisasi Taman kanak-kanak: intern dan ekstern, (4) perlengkapan, (5)
guru/pegawai, (6) administrasi, dan (7) Evaluasi
·
Maksud dan tujuan
Kurikulum 1968 penekanannya
lebih kepada perkembangan individu anak.
·
Program kegiatan
Dibagi dalam 8 bidang yaitu:
•
Bidang Penerapan pancasila
•
Bidang bermain/kegiatan bebas
•
Bidang pendidiikan bahasa
•
Bidang pendidikan alam sekitar
•
Bidang pendidikan jasmani
•
Bidang ungkapan kreatif/seni
•
Bidang sosial medis
•
Bidang pendidikan skolastik
·
Bentuk pengelompokkan anak
Tingkatan
TK terdiri dari 3 tingkatan berdasarkan umur yaitu:
•
Tingkat A: utuk umur 3 sampai 4 tahun
•
Tingkat B: untuk umur 4 sampai 5 tahun
•
Tingkat C: untuk umur 5 sampai 6 tahun
1976
·
Landasan pengembangan
Kurikulum
1976 ada penyesuaian format dan isi kurikulum dengan sekolah lebih lanjut.
·
Maksud dan tujuan
1.
Tujuan pada kurikulum 1976 mencakup
Tujuan Instruksional Taman Kanak-kanak yang merupakan tujuan lembaga. Setiap
lembaga pendidikan mempunyai tujuan masing-masing, yang merupakan penunjang
terhadap pencapaian tujuan Pendidikan Nasional.
2. Tujuan
umum pendidikan Taman Kanak-kanak telah di tetapkan pada yang pasal 4 SK
Mendikbud No . 054/U/1977 adalah ‘’…….agar anak setelah menyelesaikan
pendidikannya:
•
Memiliki sifat-sifat dasar sebagai pribadi yang
bertanggung jawab menjadi warga negara yang baik
•
Sehat dan sejahtera jasmani dan rohani
•
Memiliki bekal pengetahuan, keterampilan, nilai
dan sikap dasar yang diperlukan untuk bergaul dan berkomunikasi dilingkungan
masyarakat, secara fisik, emosional, intelektual dan sosial memasuki jenjang
pendidikan Sekolah Dasar serta dapat mengembangkan kepribadiannya dengan
prinsip pendidikan seumur hidup.
·
Program kegiatan
Program
kurikulum 1976 terdiri dari 8 bidang pengembangan yaitu:
•
Bidang pengembangan Pendidikan Moral Pancasila
•
Bidang pengembangan kegiatan/ bermain bebas
•
Bidang pengembangan Pendidikan Bahasa
•
Bidang pengembangan Pengenalan Lingkungan Hidup
•
Bidang pengembangan Ungkapan Kreatif
•
Bidang pengembangan Olahraga Pendidikan
•
Bidang pengembangan Pendidikan dan Pemeliharaan
Kesehatan
•
Bidang pengembangan Pendidikan Scholastik
·
Bentuk pengelompokkan anak
Pengelompokkan yang
diatur dalam Kurikulum 1976 adalah
•
Tingkat A untuk anak usia 3-4 tahun
•
Tingkat B untuk anak usia 4-5 tahun
•
Tingkat C untuk anak usia 5-6 tahun
·
Sistem Penyajian
Menggunakan
unit dan pusat minat.
1984
·
Ada beberapa hal yang dianggap baru pada
Kurikulum 1984 adalah:
1.
Adanya aturan yang menyatakan bahwa pengembangan
kehidupan beragama harus melandasi semua bidang pengembangan.
2.
Tidak ada bidang pengembagan bermain bebas
karena kegiatan bermain diterapkan sebagai wahana dalam setiap kegiatan yang
dilakukan di TK.
3.
Pelaksanaan evaluasi dilakukan secara
berkesinambungan, menyeluruh, obyektif, dan sistematik untuk keperluan
peningkatan hasil proses dan hasil pengembangan, pengelolaan program serta
proses dan hasil pengembangan.
·
Maksud dan Tujuan
Tujuan Pendidikan Taman
Kanak-kanak mengacu kepada tujuan pendidikan nasional yang digariskan dalam
GBHN 1983
·
Bidang pengembangan
•
Pendidikan Moral Pancasila
•
Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa
•
Kemampuan berbahasa
•
Perasaan, kemasyarakatan, dan kesadaran
lingkungan
•
Pengetahuan
•
Jasmani dan kesehatan
·
Bentuk kelompok anak
•
Tingkat A untuk anak didik umur 3-4 tahun
•
Tingkat B untuk anak didik umur 4-5 tahun
•
Tingkat C untuk anak didik umur 5-6 tahun
•
TK 1 tahun untuk anak yang tinggal di pedesa
1994
·
Latar belakang
Memiliki Kegiatan
Belajar TK yang merupakan perbaikan dari kurikulum TK 1976. PKB TK tersebut
disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dengan keseusiaiannya
dengan lingkungan, kebutuhan, pembangunan nasional,perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi serta kesenian. PKB TK ini ditetapkan dengan
Keputusan Menterai Pendidikan dan Kebudayaan No. 0125/U/1994 tanggal 16 Mei
1994.
·
Tujuan
Program kegiatan belajar TK bertujuan membantu
meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan
daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan
lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya.
·
Isi program kegiatan
1. PKB
TK didasarkan pada tugas perkembangan anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
2. Kurikulum
ini lebih banyak ditekankan pada pandangan-pandangan psikologis khususnya
aliran konstruktivis. Bermain menjadi penekanan dalam setiap kegiatan
pembelajaran
·
Sistem Penyajian
1.
Menggunakan tema dan sub tema.
2. Terdiri
atas dua kegiatan utama yaitu program kegiatan belajar dalam rangka pembentukan
perilaku melalui pembiasaan yang meliputi pengembangan moral Pancasila, agama,
disiplin, perasaan/emosi dan kemampuan bermasyarakat dan program kegiatan
belajar dalam rangka pengembangan kemampuan dasar yang meliputi pengembangan
kemmapuan berbahasa, daya pikir, daya cipta, ketrampilan dan jasmani.
·
Bidang pengembangan
Bidang-bidang pengembangannya
antara lain :
•
Moral Pancasila
•
Agama
•
Disiplin
•
Kemampuan Berbahasa
•
Daya Pikir
•
Daya cipta
•
Perasaan/emosi
•
Kemampuan bermasyarakat
•
Keterampilan
•
Jasmani
·
Penyelenggaraan
1.
Pelaksanaan kegiatan untuk program pembentukan
perilaku dapat dilaksanakan dengan kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan
teladan atau contoh, dan kegiatan yang dilakukan dengan perencanaan guru.
2.
Menggunakan tema dan sub tema yang merupakan
pokok bahasan yang akan di bahas.
2004
·
Landasan pengembangan
Dalam
Kurikulum tahun 2004, anak didik dikondisikan dalam sistem semester.
·
Maksud dan tujuan
1.
Tujuan Pendidikan anak usia TK seperti yang
diamantkan oleh Kurikuum 2004 adalah diarahkan untuk membantu anak didik
mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan
nila-nilai agama, social emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik,
kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar.
2.
Untuk pelaksanaan di Taman Kanak-kanak
dilengkapi perangkat pedoman pengembangan silabus, pedoman pengembangan
pembelajaran, pedoman penilaian, dan secara bertahap akan disusun perangkat
pedoman lainnya.
·
Program kegiatan
Kurikulum 2004 Taman Kanak-kanak terdiri
atas Kerangka Dasar, dan standar Kompetensi Taman Kanak-kanak. Untuk
pelaksanaan di Taman Kanak-kanak dilengkapi perangkat pedoman pengembangan
silabus, pedoman pengembangan pembelajaran, pedoman penilaian, dan secara
bertahap akan disusun perangkat pedoman lainnya.
KTSP
·
Latar belakang
Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP).
·
Tujuan
Sesuai dengan standar nasional PAUD,
maka tujuan yang hendak dicapai merupakan tingkat pencapaian perkembangan yang
dijabarkan dari aspek perkembangan
·
Standar
Standar PAUD
tersebut dikelompokan jadi 4 standar yaitu:
•
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan
•
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
•
Standar isi, proses, dan penilsian, dan
•
Sandar sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan
KELEBIHAN KURIKULUM
1964
·
Kurikulum ini lebih menekan ka nada moral anak,
sehingga bias membentuk generasi penerus bangsa yang bermoral tinggi.
1968
·
Pada kurikulum ini memberi kesempatan pada anak
untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan jasmani dan rohani serta mengembangkan
potensi anak secara optimal sebagai individu yang khas.
·
Kurikulum ini juga lebih lengka dari kurikulum
sebelumnya dan memiliki egangan pelaksanaan kegiatan berupa silabus.
1976
·
1984
·
Memprioritaskan atau mengutamakan pengembangan
pribadi anak dalam kurikulumnya.
1994
·
Sudah terbentuknya tema dan sub tema, dan tema
ini biasa di mulai dari lingkungan terdekat anak, misalnya “aku” sehinngga anak bias mengenal tentang dirinya.
Tema juga bisa sesuai dengan keadaan bulan, seperti bulan November sedang musim
hujan sehingga guru bisa menjadikan hujan sebagai tema.
·
Telalu banak tema, yaitu 20 sehingg susah untuk
melaksanakannya dan memaksimalkan semua tema yang ada.
2004
·
Sudah terbentuknya model pelajaran dengan
kelompok dengan kegiatan pengaman, kelompok dengan sudut-sudut kegiatan, dan
pembelajaran berdasarkan minat.
·
Memiliki Kurikulum dengan pengembangan
indikatornya sehingga mempermudah guru membuat SKM dan SKH.
KTSP
·
Tingkat pencapaian perkembangan anak untuk
setiap lingkupnya dibagi berdasarkan usianya.
·
Rencana pelaksanaan kegiatannya lebih tersusun
dan sistematis.
Thank You Miss Randini. This article very helping me... ;D
BalasHapusyour welcome :)
Hapushttp://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/inilah-dua-gunung-yang-dapat.html
BalasHapushttp://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/santai-sambil-selfie-di-guest-house.html
http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/inilah-rumus-matematika-untuk-mesin.html
Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
- Skype : Vip_Domino
- WHATSAPP : +62813-2938-6562
- LINE : DOMINO1945.COM
- No Hp : +855-8173-4523