BAB
I
PENDAHULUAN
Anak
usia dini (0-6 tahun) adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan
dan perkembangan yang sangat pesat. Bahkan dikatakan sebagai lompatan
perkembangan. Maka dari itulah anak usia dini dikatakan sebagai golden age
(usia emas) yaitu usia yang sangat berharga dibanding usia-usia selanjutnya.
Pendidikan
Anak Usia Dini adalah suatu proses pembinaan tumbuh kembang anak sejak lahir
hingga usia 6 tahun, yang dilakukan secara menyeluruh, mencakup semua aspek
perkembangan dengan memberikan stimulasi terhadap perkembangan jasmani dan
rohani agar anak tumbuh dan berkembang dengan optimal. Dalam usaha
mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini, orang tua atau pun guru
di TPA, KB, dan TK di harakan
menggunakan media pendidikan yang dapat menstimulasi perkembangan anak. Media
yang dapat digunakan antara lain media visual, media audio, dan media
audio-visual.
Dalam
makalah ini akan membahas mengenai pengembangan asppek erkembangan anak dengan
menggunakan metode audio-visual.
A. Tujuan
1. Untuk
memahami tentang media audio-visual.
2. Untuk
memahami salah satu cara perencanaan dan pelaksanaan dengan menggunakan media
audo-visual.
3. Untuk
mengetahui aspek apa saja yang data di kembangkan.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Media
Secara umum Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan
bentuk jamak dari kata “medium” yang
secara harfiah berarti “perantara atau
pengantar” yang terkait dengan
pendidikan. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan
pesan dari pengirim ke penerima sehingga merangsang pikiran, perasaan,
perhatian, dan minat, serrta perhatian anak didik sehingga tujuan pendidikan
yang optimal akan tercapai.media pembelajaran terbagi menjadi 3 yaitu medi
audio,visual dan audio-visual.Dalam hal ini yang di akan saya bahas media
audio-visual :
Media audio-visual adalah media yang merupakan
kombinasi dari media audio dan media visual yang biasa di sebut dengan pandang
dengar. Dengan menggunakan media audio-visual ini maka penyajian tema kepada
anak lebih lengkap dan optimal.
B. Media
audio-visual untuk anak usia dini
1.
Tema :
Binatang
2.
Usia :
5-6 tahun
C. Alat
dan bahan
1. Speaker
2. Leptop
3. infocus
4. Beberapa
suara binatang
5. Doubletip/
steples
6. Gunting
7. Penggaris
8. Styrovom
9. Potongan
Kardus
D. Cara
membuat
1. Cetak
gambar binatang yang ingin di kenal kan pada terlebih dahulu, setia satu jenis
binatang di cetak sebanyak 2 buah.
2. Potong
sterofom dan kardus dengan ukuran 17x17 cm sebanyak 5 buah, dan gambar binatang
yang telah di cetak kemudian di gunting.
3. Lalu
gambar tersebut di tempelkan pada styrovom dan kardus dengan menggunakan doubletip.
E. Cara
menstimulasi
1. Terlebih
dahulu guru mempersiakan alat-alat audio di kelas dan menempelkan beberapa gambar kucing, anjing,
kambing, ayam, dan sapi di papan tulis,
2. Guru
bertanya binatang-binatang apa saja yang di ketahui anak, kemudian guru
memperlihatkan gambar binatang beserta suaranya menggunakan infocus,
3. Guru
bertanya pada anak binatang apa yang di perlihatatkan tersebut, kemudian guru dan
anak menirukan suara binatang menggunakan mulut mereka,
4. Setelah
itu guru mulai menjelaskan bahwa akan melakukan permainan menebak suara
binatang,
5. Anak
diminta mendengarkan dengan seksama suara yang akan diperdengarkan menggunakan
speaker tanpa memperlihatkan gambarnya melalui infocus,
6. Anak
diminta menebak suara apa yang didengarkannya,
7. Setelah
anak bisa menebak guru memperlihatkan beberapa gambar kucing, anjing, kambing,
ayam, dan sapi yang belum di tempelkan kepapan tulis,
8. Kemudian
guru meminta salah satu anak untuk memilih salah satu gambar tersebut sesuai
dengan suara yang telah mereka dengarkan tadi serta bertanya berapa jumlah
binatang pada gambar yang mereka pegang tersebut,
9. Setelelah
itu anak di minta menempelkan gambar tersebut di bawah gambar yang telah di
tempel sebelumnya oleh guru,
10. Kemudian
ini di ulang kembali sampai selesai.
F. Aspek
yang dikembangankan
1. Kognitif
:
§ Anak
dapat berkonsentrasi saat mendengarkan suara binatang yang diperdengarkan, anak dapat menebak suara binatang apa yang di
perdengarkan oleh guru, anak dapat mencocokkan gambar yang telah di tempel di papan
tulis dengan gambar yang akan di tempelkannya sesuai dengan suara yang telah
didengarkannya tadi.
2. Logika
matematika :
§ Anak
dapat menghitung jumlah binatang yang di perlihatkan dalam setiap satu gambar.
3. Bahasa
§ Anak
dapat menirukan suara binatang yang dierdengarkan. Serta bisa menyebutkan nama
binatang.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Melalui media audio-visual ini guru bisa mengembangkan pengetahuan anak. Disini anak sangat terbantu dalam membangun pemahamannya, menemukan sesuatu yang baru dengan melihat dan mendengarkan secara bersamaan. Dan anak bisa mengekspresikannya dengan menirukan suara binatang yang di dengarnya tersebut, serta anak bisa mencocokan gambar binatang dari suara yang telah diperdengarkan
Melalui media audio-visual ini guru bisa mengembangkan pengetahuan anak. Disini anak sangat terbantu dalam membangun pemahamannya, menemukan sesuatu yang baru dengan melihat dan mendengarkan secara bersamaan. Dan anak bisa mengekspresikannya dengan menirukan suara binatang yang di dengarnya tersebut, serta anak bisa mencocokan gambar binatang dari suara yang telah diperdengarkan
B. Saran
Sesungguhnya
makalah mini yang telah dibuat ini mungkin belum sempurna, maka diharapkan
untuk makalah selanjutnya dapat lebih sempurna dan lebih bisa mengembangkan
banyak aspek perkembangan anak.
DAFTAR
PUSTAKA
Kurnia Rita.2012.Media
Pembelajaran Anak Usia Dini.Universitas Riau:Pekanbaru.
Moeslichatoen.2004.Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak.Jakarta:Rineka
Cipta.
Yus Anita.2011.Model Pendidikan Anak Usia Dini.Kencana
Prenada Media Group:Jakarta.
Berita musik terbaru
BalasHapuswebsite Berita musik
situs berita musik
promo band
promo band indie
tempat promosi band
cara promo band
festival musik metal
Tips Mencegah dan Mengatasi Senar Gitar Yang Berkarat